SAPU JAGAT

بسم الله الرحمن الرحيم
 

Sapu Jagat atau disebut dengan Saifi Jagat memiliki pengertian pedang bumi dan langit. pedang ini sering kali di ucapkan oleh kaum muslimiin pada umumnya. Do'a ini merupakan do'a tersakti sepanjang zaman. andaikata do'a ini di panjatkan oleh orang yang hatinya bersih dari kemusyrikan hanya Ridha Allah yang jadi tujuan, maka seketika pula Allah akan memenuhi do'anya dengan rahasia rahasiaNya yang ghaib dan yang nyata, Karena itulah jagalah do'a ini baik baik dengan penuh istiqomah, karena do'a ini seakan akan memiliki dua sayap dan dua mata pedang.

1. Sayap yang pertama membentang ke langit (immateri), apa bila ia berdo'a dengan do'a ini maka akan diberi kebaikan dalam segala urusan ukhrowi (akhirat), seperti hidayah semangat dalam beribadah kepada Allah Swt, hidayah senang berdzikir, hidayah senang membaca al-Qur'an dan sejenisnya.

2. Sayap yang membentang ke bumi jagat (kebendaan materi), apa bila ia berdo'a dengan do'a ini maka akan diberi kebaikan dalam segala urusan dunia (rezeki), seperti hidayah ikhlas dalam bekerja, hidayah Tawakkal jika menghadapi urusan dunia, hidayah sabar jika diberi ujian dunia, dan lain sejenisnya.

Selain kedua hal di atas, menurut mufasirin do'a Sapu Jagat merupakan sebaik baiknya do'a dalam hal rezeki yang diberkahi, kebahagiaan,serta ketentraman hati, dengan mengistiqomahkan  do'a tersebut, dijauhkanlah baginya kejahatan dan keburukan.
 

INILAH PEDANGNYA 




Q.S al-Baqarah :201
 
ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار

Dalam Link yang lain dipaparkan,

Artinya: "Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201). Penjelasan Dalarn Al-Quran dijelaskan bahwa doa ini dibaca oleh orang-orang muslim yang tulus setelah selesai melaksanakan haji. Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan pula bahwa doa ini mengandung seluruh kebaikan di dunia dan akhirat serta menghindarkan dari segala kejelekan. Oleh karena baik sekali doa ini dibaca pada setiap kesempatan.
http://2.bp.blogspot.com/-BsMJ48cjHfY/TorFj74yMSI/AAAAAAAAACk/1EOczaNC_yg/s760/jas.png
http://2.bp.blogspot.com/-BsMJ48cjHfY/TorFj74yMSI/AAAAAAAAACk/1EOczaNC_yg/s760/jas.png